Akhmad Farhan Ramadhani, 33312201019 (2025) Pengaruh Pengugunaan Annealing Terhadap Sifat Mekanik Sambungan Las SMAW Posisi 3G Pada Lambung kapal. Diploma thesis, Politeknik Negeri Madura.
![[thumbnail of TA_Farhan_2025...pdf]](https://digilib.poltera.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA_Farhan_2025...pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstrak
Lambung kapal memengaruhi daya apung dan keamanan kapal. Kerusakan seperti retakan dan kebocoran dapat mengancam integritas serta keamanan struktur kapal. Untuk perbaikan, pengelasan dengan metode SMAW (Shielded Metal Arc Welding) sering digunakan. Baja ASTM A36 yang umum dipakai sering mengalami retakan di daerah las. Untuk mengurangi tegangan sisa yang menyebabkan retakan, perlakuan panas seperti annealing dapat diterapkan. Proses annealing dilakukan dengan memanaskan bahan pada suhu tertentu lalu mendinginkannya secara teratur untuk meningkatkan keuletan. Material dipanaskan selama 30 menit pada suhu antara 750°C-775°C hingga 775°C-800°C. Hasil uji bending pada suhu annealing 750°C-775°C menunjukkan cacat terbuka (rounded) 0,7 mm di face bend dan 0,2 mm di root bend, Pada Suhu annealing 775°C-800°C, memenuhi (criteria accept). Dan tidak melebihi batas standart ASME Sec IX yaitu syarat keterimaan pada cacat permukaan dan akar las maksimal 3 mm. Uji tarik pada suhu 750°C-775°C menghasilkan rata-rata kekuatan tarik sebesar 506,345 MPa, sedangkan pada suhu 775°C -800°C sebesar 404,485 MPa.
Tipe Item: | Tugas Akhir (Diploma) |
---|---|
Subyek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Program Studi: | Jurusan Teknologi Kemaritiman > Teknik Bangunan Kapal |
Depositing User: | 33312201019 Akhmad Farhan Ramadhani |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 03:11 |
Terakhir Diubah: | 01 Sep 2025 02:45 |
URI: | https://digilib.poltera.ac.id/id/eprint/163 |