Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Tapas Al-Arifin Aengsareh Sampang

Badrud Tamam, 33412201158 (2025) Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Tapas Al-Arifin Aengsareh Sampang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Madura.

[thumbnail of Mohamad Nur_Badrud Tamam_33412201158.pdf]
Preview
Text
Mohamad Nur_Badrud Tamam_33412201158.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstrak

Pendahuluan: Perkembangan teknologi digital telah meningkatkan penggunaan smartphone secara signifikan, termasuk di kalangan anak-anak. Intensitas penggunaan smartphone yang tinggi berpotensi mengalihkan perhatian anak dari interaksi sosial dengan teman sebaya, yang pada akhirnya dapat memengaruhi perkembangan sosial mereka.Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan perkembangan sosial anak. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian mencakup 32 anak, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner intensitas penggunaan smartphone dan lembar Denver Developmental Screening Test (DDST). Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rho melalui perangkat lunak SPSS untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan perkembangan sosial anak. Hasil: Sebagian besar responden (93%) menunjukkan perkembangan sosial yang tergolong baik. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai signifikansi ρ = 0,002 (ρ < 0,005), yang mengindikasikan adanya hubungan yang bermakna antara intensitas penggunaan smartphone dengan perkembangan sosial anak.. Kesimpulan: Ditemukan adanya korelasi signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dengan tingkat perkembangan sosial anak. Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan serta pembatasan durasi penggunaan smartphone pada anak guna mendukung perkembangan sosial yang optimal.

Kata Kunci: Prasekolah, Smartphone, Perkembangan Sosial

Tipe Item: Tugas Akhir (Diploma)
Subyek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
Program Studi: Jurusan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: 33412201158 badrud tamam
Date Deposited: 26 Aug 2025 06:42
Terakhir Diubah: 26 Aug 2025 06:42
URI: https://digilib.poltera.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item
View Item