Ahmad Athoillah Almaroghi, 33112201025 (2025) Implementasi Penggunaan Claw Machine Sebagai hiburan Interakif Pada Live Tiktok Menggunakan Streamac Connector. Diploma thesis, Politeknik Negeri Madura.
![[thumbnail of Buku TA Ahmad Athoillah Almaroghi.pdf]](https://digilib.poltera.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Buku TA Ahmad Athoillah Almaroghi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak
Pada penelitian ini dikembangkan permainan claw machine
yang akan disiarkan secara live stream pada aplikasi tiktok yang
dihubungkan dengan streamac, permainan claw machine sendiri
merupakan salah satu permainan yang digemari oleh banyak
kalangan pada arcade, mesin ini menawarkan berbagai macam
hadiah yang bisa didapatkan ketika dimengangkan. Pada Alat
ini untuk menggerakkan claw machine sendiri sudah tidak
menggunakan joystick dan tombol akan tetapi menggunakan
reaksi viewers ( like, share, comment, follow, gift) yang terdapat
pada live tiktok. Tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai
penerapan penggunaan claw machine sebagai hiburan interaktif
pada live tiktok dan juga adanya alat ini diharapkan dapat
meningkatkan tingkat penggunaan aplikasi game yang berada
pada streamac. Setelah melakukan pengujian didapatkan
hubungan antara modul Bluetooth pada alat dapat terkoneksi
dengan baik pada live streaming tiktok melalui perantara
aplikasi konektor dengan memiliki nilai delay rata rata 2,3 detik
dari setiap input komentar yang dimasukkan untuk menggerakkan alat. Untuk pengujian dari pergererakan setiap
motor stepper sendiri mendapatkan nilai 4 cm setiap 1 putaran,
dengan memiliki kondisi mekanik 14,15 titik pergerakan (X,Y)
yang dimana dari nilai 4 cm setiap pergerakan jika dikonversi
pada grafik regresi linear menunjukan rata rata nilai sebesar
0,99 dimana nilainya mendekati 1 yang berarti bahwasannya
pergerakan dari setiap motor stepper dapat berjalan dengan baik
dan juga pada pengujian ketepatan respon yang dilakukan
mendapatkan nilai selisih sebesar 0,5 pada beberapa input, hal
ini menunjukan bahwasanya respon dari interaksi antara live
tiktok dengan pergerakan alat dapat dinilai cukup baik.
Tipe Item: | Tugas Akhir (Diploma) |
---|---|
Subyek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Program Studi: | Jurusan Teknologi Elektro > Teknik Listrik Industri |
Depositing User: | 33112201025 Ahmad Athoillah Almaroghi |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:43 |
Terakhir Diubah: | 01 Sep 2025 07:43 |
URI: | https://digilib.poltera.ac.id/id/eprint/513 |