HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI SISWA KELAS 9 SMPN 1 CAMPLONG

Kilau Bintang Penefski, 33412201028 (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG DENGAN STATUS GIZI SISWA KELAS 9 SMPN 1 CAMPLONG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Madura.

[thumbnail of Kilau Bintang Penefski_33412201028.docx] Text
Kilau Bintang Penefski_33412201028.docx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Pendahuluan: Remaja merupakan salah satu kelompok yang rentang mengalami masalah gizi dan pangan dimana mengalami periode transisi dari anak-anak menuju dewasa. Status gizi adalah kondisi yang timbul dari keseimbangan antara kebutuhan nutrisi dan asupan nutrisi yang diterima. Permasalahan gizi remaja umumnya disebabkan oleh perilaku gizi tidak tepat, yaitu ketidakseimbangan antara asupan makanan dan kecukupan gizi. Kurangnya pengetahuan tentang gizi dapat menjadi faktor utama dari masalah tersebut. Gizi buruk yang berdampak pada melemahnya daya tahan tubuh dan konsentrasi belajar. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi pada siswa kelas 9 SMPN 1 Camplong. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analytic-kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, pengambilan sampel menggunakan Simple-random sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 162 siswa kelas 9 di SMPN 1 Camplong Tahun Ajaran 2025 dengan sampel sebanyak 120 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengetahuan Gizi Seimbang dan Status Gizi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner melalui google form dan pengukuran antropometri, kemudian data diolah dengan proses editing, coding, scoring, tabulating, enterpretating dan dianalisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil: Analisa univariat menunjukkan sebanyak 86 siswa (70%) responden memiliki tingkat pengetahuan gizi kurang dengan responden yang memiliki status gizi kurang sebanyak 51 siswa (42%) responden. Analisa bivariat menunjukan p-value adalah 0.879 (p >0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi dengan status gizi siswa kelas 9 di SMPN 1 Sampang Tahun 2025. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima.

Kata kunci: Pengetahuan Gizi Seimbang, Status Gizi, Remaja

Tipe Item: Tugas Akhir (Diploma)
Subyek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 616 Penyakit
Program Studi: Jurusan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: 33412201028 kilau bintang penefski
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:36
Terakhir Diubah: 11 Sep 2025 01:44
URI: https://digilib.poltera.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item
View Item