Jumaani, 33112201021 (2025) Rancang Bangun Motor Brushless Direct Current Satu Fasa Dengan Konfigurasi Axial Flux Permanent Magnet 6 Slot 8 Pole. Diploma thesis, Politeknik Negeri Madura.
![[thumbnail of TUGAS AKHIR JUMAANI A5 revisi pembukuan new.pdf]](https://digilib.poltera.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TUGAS AKHIR JUMAANI A5 revisi pembukuan new.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak
Motor Brushless Direct Curent merupakan sebuah motor yang memerlukan tegangan searah untuk mengoperasikannya. Perbedaan antara motor DC dengan motor BLDC terletak pada sistem komutasinya, dimana dalam motor DC menggunakan sikat untuk mengatur aliran arus pada kumparan stator. Sedangkan pada motor BLDC tidak memiliki sikat sehingga dalam sistem komutasinya membutuhkan driver atau rangkaian elektronik untuk mengatur aliran arus tersebut. Pada Penelitian ini fokus dalam perancangan dan pengujian dari kinerja Motor Brushless Direct Current Satu Fasa dengan konfigurasi Axial Flux Magnet Permanent 6 slot 8 pole, dalam penelitian ini menggunakan 6 slot sebagai stator dan 8 pole sebagai rotor. Motor ini menggunakan sensor reed switch sebagai inti dari sistem komutasi nya yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan medan magnet dari rotor, sehingga motor dapat di kontrol kecepatannya, dalam pengujian ini dilakukan untuk mengeahui bagaimana pengaruh jarak sensor terhadap kecepatan, bagaimana pengaruh ketebalan rotor pada kecepatan dan bagaimana pengaruh jumlah magnet terhadap kecepatan.Dari pengujian untuk mengetahui pengaruh jarak sensor terhadap kecepatan motor dilakukan pengujian dengan memberikan tegangan yang sama yaitu sebesar 15Vdan variasi jarak sensor 3mm, 5mm dan 10mm, pada pengujiannya jarak sensor 3mm menghasilkan kecepatan sebesar 430,30 Rpm, dan pada jarak 5mm menhasilkan kecepatan sebesar 420,02 Rpm, sedangkan pada jarak 10mm menghasilkan 373,55 Rpm. Untuk pengujian mengetahui pengaruh ketebalan rotor terhadap kecepatan motor dilakukan pengujian dengan memberikan tegangan yang sama yaitu 15V dan variasi ketebalan rotor 2mm, 3mm, dan 5mm, pada pengujian ketebalan rotor 2mm menghasilkan kecepatan sebesar 1100 Rpm, dan pada ketebalan rotor 3mm menghasilkan kecepatan 1000 Rpm, sedangkan pada ketebalan rotor menghasilkan kecepatan sebesar 620,43 Rpm. Sedangkan pegujian untuk mengetahui pengaruh jumlah magnet terhadap kecepatan pada pengujiannya diberikan tegangan yang sama yaitu 15V, ketebalan rotor 3mm, jarak sensor 5mm dan variasi jumlah magnet yaitu single magnet dan double magnet, pada pengujian motor 6 slot 6 pole single magnet menghasilkan kecepatan sebesar 420,02 Rpm sedangkan pada double magnet menghasilkan kecepatan sebesar 1000 Rpm.
Kata Kunci: Motor BLDC, Axial Flux, Sensor Hall Effect, Driver Motor BLDC
Tipe Item: | Tugas Akhir (Diploma) |
---|---|
Subyek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Program Studi: | Jurusan Teknologi Elektro > Teknik Listrik Industri |
Depositing User: | 33112201021 Jumaani |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 00:52 |
Terakhir Diubah: | 11 Sep 2025 01:41 |
URI: | https://digilib.poltera.ac.id/id/eprint/631 |