Mohammad Zeinur Rizky, 33412201094 (2025) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS GALIS KABUPATEN PAMEKASAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Madura.
![[thumbnail of KTI_Mohammad_Zeinur_Rizkyy.pdf]](https://digilib.poltera.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI_Mohammad_Zeinur_Rizkyy.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Pendahuluan: Tingkat kepuasan pasien tentang kualitas pelayanan disebabkan salah satunya yaitu keramahan perawat, pemberian informasi, serta cara perawat berkomunikasi. Kepuasan pasien terhadap layanan merupakan faktor penting dalam mengembangkan sistem pemberian layanan yang memenuhi kebutuhan pasien. Tujuan; Penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Galis Pamekasan.
Metode:Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan analisa data perhitungan presentase, sampel pasien dengan rawat jalan pada penelitian ini, peneliti menggunakan 125 dengan menggunkan teknik sampel non-probability sampling dengan tehnik pengambilan simple total sampling. Hasil: Penelitian menunjukkan adanya Tingkat Kepuasan Pasien Tentang Kualitas Pelayanan sebagian besar cukup puas. Di harapkan perawat dapat meningkatkan pelayanan sesuai kebutuhan pasien agar kepuasan meningkat.
Simpulan penelitian didapatkan hasil cukup puas dikarenakan pengetahuan dan pendidikan pasien yang rendah dan kurangnnya pelayanan perawat sesuai dengan kebutuhan pasien. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat meneliti pelayanan yang dapat diberikan oleh perawat sehingga kepuasan pasien dapat meningkat.
Kata kunci : kepuasan pasien, kualitas pelayanan