GAMBARAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MPASI PADA BAYI DI DESA CEGUK КЕСАMATAN TLANAKAN

Aisha Putri, 33412201089 (2025) GAMBARAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MPASI PADA BAYI DI DESA CEGUK КЕСАMATAN TLANAKAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Madura.

[thumbnail of TA AISHA PUTRI.pdf]
Preview
Text
TA AISHA PUTRI.pdf - Accepted Version

Download (27MB) | Preview

Abstrak

Pendahuluan: Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) merupakan sumber nutrisi yang dapat mulai diberikan dari usia 6 bulan. Sikap positif ibu dalam pemberian MPASI sangat diperlukan, agar MPASI dini tidak diberikan pada bayi. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran sikap ibu dalam pemberian MPASI pada bayi di Desa Ceguk Kecamatan Tlanakan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel menggunakan total sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 19 orang ibu dengan bayi usia 0-6 bulan. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner closed ended type question. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan sebagian besar responden sebanyak 12 orang (63%) memiliki sikap positif dan hampir setengahnya sebanyak 7 orang (37%) memiliki sikap negatif. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan sikap ibu dalam pemberian makanan pendamping air susu ibu pada bayi di Desa Ceguk
Kecamatan Tlanakan bahwa sebagian besar responden memiliki sikap positif. Saran: Peran tenaga kesehatan di Desa Ceguk Kecamatan Tlanakan untuk aktif melakukan edukasi pemberian MPASI yang tepat sesuai anjuran IDAI agar sikap
positif ibu dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.
Kata Kunci: MPASI, Sikap, Ibu

Tipe Item: Tugas Akhir (Diploma)
Subyek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan
Program Studi: Jurusan Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: 33412201089 aisha putri
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:14
Terakhir Diubah: 12 Sep 2025 04:14
URI: https://digilib.poltera.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item
View Item